Jumat, 04 September 2015

Keripik Keladi, Keripik Enak Khas Papua

Postingan kali ini membahas tentang salah satu kuliner ringan yang biasa sa request sebagai oleh-oleh dari Papua. U could called  "Keripik Keladi". Keripik Keladi atau bahasa Indonesianya Keripik Ubi Talas adalah keripik khas yang dibuat di Papua dengan campuran Ubi Talas datau biasa disebut Keladi dengan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang putih, garam, cabe rawit, dan kemudian digoreng. 




gambar bahan baku utama Ubi Talas a.k.a Keladi



Keladi ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sering kali juga digunakan untuk makanan pokok. Untuk cara bikinnya kam hanya perlu barang-barang dibawah ini:
-          Umbi talas / mbote 
-          2 sendok teh air kepur sirih 
-          Air secukupnya 
-          Garam menurut selera 
-          Bawang putih sebanyak 3 sampai 4 siung. Kemudian di haluskan  
-          Minyak untuk menggorengnya.

Terus kenapa ada air kapur sirih? Itu kapur sirih berguna untuk mencuci keladi saat dikupas. supaya kam tahu saja kalau keladi itu bikin gatal tenggorokan kalau karena ada kandungan getah didalamnya. 

Selanjutnya proses pembuatannya yah harus mengupas terlebih dahulu itu keladi, setelah selesai mengupas anda cuci hingga bersih kemudian anda iris tipis – tipis. Jemur irisan umbi talas tersebut hingga kering, penjemuran umbi ini dimaksudkan agar getah yang ada di umbi talas ini hilang agar tidak menyebabkan gatal saat dimakan. Siapkan campuran garam, bawang yang telah dihaluskan dan juga air kapur sirih yang digunakan untuk merendam irisan talas yang sudah dijemur kering ini. Lakukan perendaman selama beberapa menit. Lalu angkat dan goreng hingga matang. Saat keripik ini sudah matang maka angkat dan tiriskan. Untuk menambah rasa yang berbeda kam dapat menambahkan gula untuk rasa manis ataupun dapat menggunakan bumbu- bumbu yang lainnya sesuai dengan yang anda inginkan. Kemudian simpan keripik ini di tempat yang kering agar tetap renyah dan gurih.

Keripik Keladi yang enak itu berasal dari Sorong tapi kalau sa sih lebih suka produk yang dari Jayapura karena tidak terlalu keras dan tidak terlalu bikin gatal kayak Sorong punya. hahahaha..





1 komentar :

  1. pengen beli kyk yg di gambar atas itu dimana yah? haha ada kontak tidak gan? soalnya sy bukan dari papua tapi suka sekali

    BalasHapus